Adanya perkembangan teknologi memunculkan adanya komunikasi menggunakan media, seperti internet. Internet merupakan media baru, yang sekarang ini lebih dipilih oleh masyarakat untuk melakukan komunikasi, seperti memberi informasi, menjalin hubungan persahabatan atau pertemanan(facebook,twitter,plurk dan lain-lain). Komunikasi tatap muka mulai ditinggalkan karena masyarakat lebih melihat pada kekurangan komunikasi tatap muka yaitu membutuhkan ruang dan waktu yang sama agar dapat melakukan komunikasi secara langsung.

Facebook merupakan salah satu jaringan social pertemanan di internet yang sedang marak melanda masyarakat Indonesia. Melalui jejaring pertemanan social ini , banyak masyarakat yang melakukan berbagai macam hal baik dilihat dari sisi positif dan negative. Adapun salah satu sisi positifnya yaitu kita bisa memiliki banyak teman walaupun di dunia maya, mendapat berbagai informasi yang disiarkan oleh teman, dapat bertemu dengan teman lama dan bertemu dengan orang yang tak di kenal sama sekali. Sedangkan sisi negatifnya yaitu facebook sering kali di salah gunakan misalnya mengajak bertemu teman lawan komunikasinya kemudian di culik, melakukan penipuan dengan motif berbisnis, dan lain-lain.

Kepribadian Menggunakan Facebook sebagai media Komunikasi

Kepribadian adalah semua corak perilaku dan kebiasaan individu yang terhimpun dalam dirinya dan digunakan untuk bereaksi serta menyesuaikan diri terhadap segala rangsangan baik dari luar maupun dari dalam. Corak perilaku dan kebiasaan ini merupakan kesatuan fungsional yang khas pada seseorang. Dengan istilah “kepribadian”, keunikan dari setiap individu dapat kita ketahui. Dan melalui pembelajaran tentang kepribadian, sifat-sifat atau kumpulan sifat individu yang membedakannya dengan individu lain diharapkan dapat menjadi jelas atau dapat dipahami. Para teoris kepribadian memandang kepribadian sebagai sesuatu yang unik dan atau khas pada diri setiap orang.

Kepribadian seorang individu jelas berbeda ketika kita melihat sikap orang tersebut ketika menggunakan facebook untuk berbagai hal termasuk komunikasi. Komunikasi yang dilakukan yaitu komunikasi tanpa tatap muka.

 

Ø  Berikut beberapa perbedaan komunikasi tatap muka dengan komunikasi bermedia :

–          Penggunaan internet facebook sebagai medium untuk berkomunikasi menuntut penggunanya memiliki pengetahuan cara menggunakan software komputer secara umum dan software aplikasi internet secara khusus. Disini berarti terdapat penggunaan dan pengembangan kognitif dari pengguna internet. Sedangkan komunikasi tatap muka tidak menuntut perkembangan kognisi pada penggunanya untuk dapat melakukan komunikasi tatap muka.

–          Komunikasi dalam facebook memiliki konteks komunikasi massa tetapi juga membentuk komunikasi personal dalam jumlah banyak. Konteks komunikasi personal dalam jumlah banyak disini memiliki arti bahwa pengguna internet dalam melakukan komunikasi berhadapan dengan pengguna lain dalam jumlah banyak yang masing-masing berperan sebagai komunikator dan komunikan. Sedangkan dalam komunikasi tatap muka, komunikan hanya dapat melakukan komunikasi berhadapan dengan beberapa orang. Topik yang diperbincangkan pun terbatas.

–          Dalam facebook pengiriman pesan menggunakan berbagai bentuk seperti teks, grafis, video dan suara. Sedangkan dalam komunikasi tatap muka, pengiriman pesan dalam bentuk suara langsung.

 

Ø  Komunikasi bermedia memiliki kelebihan dan kekurangannya

v  Kelebihan komunikasi bermedia :

ü  Dapat melakukan komunikasi interpersonal dengan banyak komunikan dalam waktu yang hampir bersamaan.

ü  Pengiriman pesan menggunakan berbagai bentuk seperti teks, grafis, video dan suara.

ü  Memberikan rasa nyaman karena tidak harus bertemu langsung dengan orang yang diajak berbicara.

ü  Komunikan dan komunikator tidak terbatas, dalam arti seseorang dapat menjalin pertemanan atau bahkan persahabatan dengan seseorang atau beberapa orang yang berada jauh secara geografis.

ü  Dapat menyebarkan informasi dengan relatif cepat, dengan publik yang tidak dikenal sekalipun.

 

v  Kekurangan komunikasi bermedia :

ü  Harus memiliki media yang ingin digunakan.

ü  Harus memiliki pengetahuan untuk menggunakan media yang ingin digunakan.

ü  Terdapat hambatan seperti disconnection atau tidak dapat tersambungnya jaringan internet karena gangguan.

ü  Bersifat tidak tetap dan sesaat serta fleksibel artinya secara mudah dapat berinterkasi dengan komunikan lain pada waktu tertentu, kemudian pada lain waktu tidak pernah berhubungan lagi.

ü  Ketidaktepatan waktu dalam menyampaikan pesan oleh komunikator dapat menghambat penyampaian pesan kepada komunikan.

ü  Dapat menimbulkan kesalahan persepsi atau kesalahpahaman antara komunikan dan komunikator karena saling tidak dapat melihat.

 

Penilaian saya terhadap komunikasi bermedia :

 

Menurut saya, komunikasi media memberikan keuntungan dan kerugian bagi penggunanya. Beberapa keuntungannya antara lain :

–          dapat menjalin hubungan pertemanan bahkan hubungan yang lebih dalam/jauh yang diawali dengan proses perkenalan

–          mengurangi rasa tidak nyaman untuk berbicara dengan orang yang belum dikenal

–          meningkatkan kepercayaan diri dalam mengekspresikan apa yang dirasakan dan lainnnya.

Beberapa kerugiannya, antara lain :

-munculnya kepribadian yang berbeda antara kepribadian dengan menggunakan komunikasi media dengan kepribadian yang menggunakan komunikasi tatap muka

-ketidakpastian tentang siapa lawan bicara dan belum tentu data identitas teman komunikasinya benar, dan lainnya.

-Sering kali adanya penipuan dengan cara melakukan bisnis dengan menjanjikan untung yang sebesar-besarnya

 

Dengan beberapa keuntungan dan kerugian yang dibawa oleh komunikasi media, saya harap para pengguna komunikasi media(facebook) dapat menyadari dan memahami keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan oleh komunikasi bermedia, sehingga dengan menyadari dan memahami hal tersebut, para pengguna dapat memilih untuk menggunakan komunikasi media atau tidak dan dapat mengantipasi kerugian yang kemungkinan akan dihadapi.

 

Refrensi :

(http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_media)